Arafah, Padang Pasir Paling Bersejarah di Muka Bumi, Jamaah Haji Harus Tahu!

Arafah, Padang Pasir Paling Bersejarah di Muka Bumi

WINATOUR- Arafah, rasanya tidak mungkin jika umat muslim tidak pernah mendengar nama tempat ini. Ya, Arafah yang dimaksud adalah Padang Arafah, padang pasir yang berlokasi di Mekkah yang digunakan untuk melaksanakan rukun haji yaitu tawaf. Setiap tahunnya, umat muslim dari berbagai negara berbondong-bondong mendatangi tempat ini baik untuk melaksanakan ibadah haji ataupun umroh. Inilah yang membuat Padang Arafah sangat terkenal.

Travel Umroh Resmi Di Jakarta Barat

Namun, selain pemberitaan mengenai tawaf yang selalu santer setiap tahunnya, Arafah memiliki beberapa sisi yang jarang diberitakan dan akan menarik untuk kamu ketahui yang akan dibahas oleh kami, travel umroh di Jakarta Barat.

  1. Kereta Api Cepat Mashair

Sejak sekitar 5 tahun lalu, pemerintah Saudi telah meresmikan penggunaan kereta cepat. Kereta ini terletak di sebelah barat Masyair Muqaddasah yang menghubungkan Arafah dengan Mina memalui Muzdhlifah. Kereta api ini tida hanya dapat mengurangi kemacetan saat para jemaah haji atau umroh melakukan ibadah wuquf tetapi juga sebagai alat transportasi internasional. Mereka yang berhak mendapatkan layanan kereta api ini adalah para jamaah haji Negara-negara teluk,  Turki, Eropa, Asia Selatan dan Australia.

Padang Arafah terletak di sebelah timur kota Mekkah. Sesuai dengan penampakannya, tempat ini merupakan lenbah berupa hamparan pasir dan batu yang dikelilingi bukit-bukit batu. Untuk menuju Arafah, jamaah haji atau umroh harus menggunakan bus melewati Mina dan Muzdhalifa. Kondisi jalan menuju Arafah sangatlah baik, seperti jalan tol. Dari Masjidil Haram, Padang Arafah berjarak 22 Km.

  1. Tempat Khutbah Terakhir Rasulullah

Tempat Rasululllah berkutbah terakhir sebelum wafat adalah Padang Arafah saat menjalankan haji terakhir. Khutbah ini kemudian dikenal dengan sebutan khutbah wada atau perpisahan. Khutbah terakhir Rasulullah SAW ini berisi tentang 4 amanat penting, yaitu: 1) Menjaga persaudaraan, 2) Larangan membuat riba, 3) Bertakwa kepada Allah SWT dengan memuliakan wanita, 4) Selalu berpegang pada Al-Quran untuk keselamatan hidup dunia akhirat.

  1. Doa Akan Dikabulkan Allah

Dalam hadist Riwayat Rasul bersabda pada hari wukuf di Arafah, Allah SWT mendekat sedekat-dekatnya untuk mendengarkan ungkapan hati para hambanya. Rasulullah SAW bersabda, “Di antara berbagai jenis dosa, ada dosa yang tak tertebus kecuali dengan melakukan wukuf di Arafah”.

Sebagai umat muslim, sebaiknya mulai rencanakan ibadah haji ataupun umroh mulai dari sekarang. Lebih cepat dan menyegerakan ibadah ke tanah suci akan semakin baik. Mulai lah dengan mencari informasi agen travel terbaik di kota Anda, seperti http://umroh.winatour.com yang merupakan agen travel umroh resmi di Jakarta Barat.

About Author

client-photo-1
DS Tias

Comments

Leave a Reply