Anti Jet Lag di Tanah Suci! Tips Ini Dapat Membantu Ibadah Anda Lebih Khusyuk

Tips Ini Dapat Membantu Ibadah Anda Lebih Khusyuk

WINATOUR- Saat berpergian jauh dengan menggunakan pesawat, biasanya penumpang banyak yang terkena gejala jetlag. Jetlag sendiri terjadi karena tubuh yang tidak dapat menyesuaikan perubahan  pada zona waktu. Perbedaan zona waktu yang jauh berbeda antara Indonesia dan Arab Saudi dapat mengakibatkan tubuh Anda kelelahan, gangguan konsentrasi, dan insomnia.

travel haji plus terbaik di jakarta

Kondisi ini sering dialami pada masa-masa awal mendarat di tempat baru. Memang jetlag terdengar seperti mabuk darat biasa, tetapi jika tidak segera disiasati kondisi ini dapat mengganggu proses jalannya ibadah. Penasihat haji dari travel haji plus terbaik di Jakarta biasanya memberikan bimbingan untuk para jamaah mengatasi gejala ini. Oleh karena itu, kali ini tim umroh.winatour.com akan berbagi untuk kalian semua apa saja yang dapat dilakukan untuk menghindari dan mengatasi kondisi jetlag baik sebelum atau setelah perjalanan.

Sebelum Pemberangkatan

Sebelum jadwal keberangkatan ke tanah suci, sebaiknya atur terlebih dahulu ritme waktu internal Anda minimal 3-7 hari sebelumnya. Hal ini sangat dianjurkan supaya setibanya di tanah suci, Anda dapat beradaptasi dengan waktu setempat. Jika terasa sulit, aturlah secara bertahap dengan mengubah jam tidur, waktu makan yang telah disesuaikan dengan zona waktu di Arab Saudi. Usahakan ketika memasuki H-3 keberangkatan Anda sudah mulai bisa mengikuti ritme ini.

Berolahraga selalu menjadi menjawab untuk menjaga kondisi tubuh tetap prima. Seperti halnya mengatur ritme waktu diatas, berolahragalah secara rutin minimal seminggu sebelum keberangkatan. Dengan berolahraga, maka tubuh Anda akan siap tidak hanya untuk perjalanan panjang tetapi juga saat berjalananya proses ibadah.

Di Pesawat

Tips yang paling mudah untuk dilakukan adalah meminum air purih selama di pesawat. Anjuran minum air putih ini artinya Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi air ini saja secara berkala walaupun tidak haus. Air putih dapat membantu fungsi dan kinerja jaringan tubuh kita saat pesawat mengudara, karena perjalanan udara dapat membuat tubuh lebih mudah menjadi dehidrasi akibat perubahan ketinggian dan berubahnya tekanan udara kabin pesawat. Lalu apakah boleh membawa air minum sendiri? Untuk hal ini Anda sebaiknya mengkonsultasikan secara langsung kepada travel umroh atau travel haji plus terbaik di Jakarta, karena setiap penerbangan biasanya memiliki kebijakan yang berbeeda-beda.

Selama penerbangan juga disarankan untuk  menghindari segala minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh, serta kurangi minuman yang terlalu banyak mengandung gula. Kafein dapat membuat Anda terjaga di pesawat dan akibatnya akan merusak ritme waktu internat yang sudah susah payah Anda upayakan sebelumnya. Dan akan mengurangi waktu istirahat Anda selama di pesawat.

Setelah Sampai di Tempat Tujuan

Perjalanan ke tanah suci memang berbeda dengan perjalanan ke negeri lainnya. Anda sulit menentukan sendiri jadwal keberangkatan yang diinginkan karena telah ditentukan oleh travel umroh dan travel haji plus terbaik di Jakarta. Ya, bisa saja waktu keberangkatan Anda pagi hari, siang hari atau justru malam hari. Oleh karena itu, ada beberapa tips yang dapat dilakukan terlebih dahulu sesuai waktu kedatangan.

Pertama, jika Anda  sampai ke tanah suci pada waktu pagi atau siang hari, sebaiknya jangan langsung beristirahat. Tetapi jalan-jalanlah untuk mendapatkan sinar matahari dan agar kaki Anda tidak bengkak karena kelamaan duduk. Kamu bisa melakukan ini di depan hotel agar tidak terpisah dari rombongan. Hal ini dapat sebagai penyesuaian diri dengan zona waktu, suhu dan lingkungan baru.

Kedua, jika Anda sampai saat malam hari sebaiknya segera memasuki hotel untuk bersiap istirahat. Namun sebelum itu, tetap lakukan gerakan-gerakan ringan untuk membuat tubuh rileks setelah perjalanan jauh dan berikutnya basuhlah tubuh dengan air hangat. Kedua aktivitas ini dapat membantu tubuh melepaskan stres dan membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Barulah ketika bangun di pagi hari Anda keluar untuk mendapatkan sinar matahari.

Terakhir, jika di pesawat Anda hanya dianjurkan meminum air putih, sesampai di tanah suci Anda diperbolehkan untuk meminum minuman lainnya. Eits, tetapi tetap minuman yang berkhasiat ya. Sebagai tips tambahan, sebaiknya bawalah beberapa minuman herbal yang dapat membantu tubuh seperti teh valerian atau camomile. Teh ini dikenal dengan kandungan anxiolytic dan anti inflamasi serta sedatif yang dipercaya dapat membantu melemaskan dan mengendalikan saraf dan membantu tidur menjadi lebih nyenyak.

About Author

client-photo-1
DS Tias

Comments

Leave a Reply