Panduan Lengkap Memakai Kain Ihram Yang Benar Bagi Laki-Laki, Wanita dan Anak-Anak

Panduan Lengkap Memakai Kain Ihram

WINATOUR- Darimana pun umat muslim berasal, saat berada di tanah suci untuk melaksanakan ibadah haji atau umroh, mereka diwajibkan untuk ber-ihram. Ihram memiliki aturan-aturan yang sudah ditentukan sejak dahulu, mulai dari tempat pelaksanaan, rukun yang harus dilakukan, hingga pakaian. Ya, semua jamaah baik itu laki-laki, wanita ataupun anak-anak diwajibkan untuk menggunakan pakaian khusus yang disebut dengan ‘pakaian ihram’.travel haji plus terbaik di jakarta

Sebagai pakaian khusus, pakaian ini tentu berbeda dengan pakaian yang biasa digunakan sehari-hari. Yang lazim terdengar mengenai hal ini adalah bahwa pakaian ihram terdiri dari dua kain berwarna putih yang tidak boleh terdapat jahitan sedikitpun. Benarkah? Untuk menggali lebih dalam, yuk ikuti kami, travel haji plus terbaik di Jakarta akan membahasnya dalam artikel ini. Kami akan memberikan panduan lengkap memakai pakaian ihram, baik untuk laki-laki, wanita, bahkan anak-anak.

Panduan Untuk Laki-Laki

  • Pertama, siapkan dua buah kain tanpa jahitan. Pastikan kain bagian bawah adalah kain yang lebih tebal dan lebih panjang.
  • Sebelum memakai pakaian ihram pastikan Anda mandi besar/junub terlebih dahulu dan niatkan untuk mandi berihram. Kemudian jangan memakai pakaian dalam atau kain apapun untuk tubuh seperti peci atau bentuk penutup kepala, tangan dan kaki lainnya.
  • Untuk mengggunakan kain bagian bawah sangatlah mudah, cukup melipatnya seperti sarung. Saat memakai kain, sebaiknya rentangkan kedua kaki minimal selebar bahu kita untuk mempermudah Anda ketika berjalan.
  • Kenakan kain hingga melewati atas pusar, untuk menghindari pusar terlihat ketika Anda berjalan atau meregangkan badan karena pusar adalah batas aurat laki-laki. Untuk batas bawah, karena aurat laki-laki adalah batas lutus, Anda diperbolehkan dari batas lutut hingga mata kaki.
  • Untuk kain bagian atas, selempangkan kain dari belakang dan tarik kedepan hingga menutupi kedua bahu. Kemudian selipkan ujung kain seblah kiri dan kaitkan kedua ujung sisisnya supaya tidak mudah lepas.
  • Saat melakukan thawaf, keluarkan tangan kanan dengan menyimpan kain dibawah ketiak. Posisi ini disebut denga ‘idhthiba’.

Panduan Untuk Wanita

Untuk wanita, cara memakan pakaian untuk ihram lebih sederhana alias simple dan mudah. Syaratnya hanyalah menutupi seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan seperti memakai mukena. Meski demikian ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebagai jamaah perempuan:

  • Pertama, pastikan kain sepanjang tumit kami dan panjang kengan baju harus sepanjang pergelangan tangan. Hal ini untuk menjaga dan memastikan tidak ada aurat yang terlihat saat Anda duduk ataupun berjongkok.
  • Kedua, jamaah wanita diwajibkan untuk memakai kerudung dengan panjang yan melebihi dada. Serta diwajibkan untuk memakai kaos kaki dan sepatu yang tidak bertumit dan berbahan karet.
  • Sebagai catatan penting, jamaah wanita didak diperbolehkan secara mutlak untuk memakai cadar dan menutup keseluruhan tangan dengan sarung tangan. Seperti sabda Nabi Muhammad SAW, “Janganlah wanita bercadar, dan janganlah dia memakai kaosa tangan saat sedang berihram.” [HR. Bukhari dalam shahihnya].

Panduan Untuk Anak-Anak

Cara memakai kain ihram untuk anak-anak, baik anak laki-laki atau anak perempuan langkahnya sama seperti panduan diatas disesuaikan dengan gender sang anak. Anda hanya tinggal menyesuaian kain atau pakaian yang sesuai dengan tubuh anak. Yang pasti, Anda sebagai orang tua harus memakaikan kain ihram pada anak senyaman mungkin. Karena anak cenderung lebih banya bergerak, ikat kain sekuat mungkin agar tidak mudah lepas.

Selain panduan diatas, ada hal lain yang perlu diperhatikan. Di antaranya, Anda diwajibkan berwudhu dan mengucapkan niat saat akan memakai dan melepaskan pakaian ihram. Sebisa mungkin, pakaian Anda jangan sampai terkena kotoran dan tidak menggunakan aksesoris lain.

Itulah panduan tata cara memakai kain ihram yang benar utnuk menunaikan ibadah haji ataupun umroh. Jika Anda mendaftarkan diri di travel haji plus terbaik di Jakarta, Anda akan mendapatkan panduan ini secara langsung. Semoga bermanfaat!

About Author

client-photo-1
DS Tias

Comments

Leave a Reply