Penting! Doa & Adab Ini Wajib Diimplementasikan Sepulang Haji dan Umroh

Doa & Adab Ini Wajib Diimplementasikan Sepulang Haji dan Umroh

WINATOUR- Segala sesuatu dalam kehidupan manusia telah diatur adabnya oleh Allah SWT. Mulai dari adab kepada teman sebaya, orang yang lebih tua, adab ketika makan hingga adab setelah beribadah ke tanah suci pun telah Allah tetapkan hukumnya. Adab dalam islam sangat penting untuk diterapkan dalam kehidupan, karena merupakan medium komunikasi untuk menghubungkan sesorang tidak hanya dengan manusia ataupun makhluk hidup di bumi saja tetapi juga dengan Allah SWT.

travel haji plus terbaik di jakarta

Doa-doa dan adab dibawah ini dianjurkan untuk dilaksanakan karena Rasul pun mencontohkan demikian, serta erat kaitannya dengan akhlak. Dimana akhlak yang baik dan hati yang bersih merupakan salah satu syarat yang harus ditunaikan setelah pulang dari tanah suci untuk menjaga kemabruran ibadah. Oleh karena itu, doa dan adab ini menjadi wajib untuk diimplementasikan.

Berikut doa serta adab yang telah tim umroh.winatour.com rangkum untuk Anda ketahui sebelum berhaji dengan travel haji plus terbaik di Jakarta.

  1. Doa selama perjalanan

Sekembalinya dari ibadah haji dan umroh, selama perjalanan Rasulullah SAW selalu bertakbir 3 kali jika melewati jalan tanjakan seperti perbukitan atau pegunungan. Tidak hanya bacaan takbir saja yang dapat kita teladani dari beliau, terdapat juga doa-doa lainnya. Setelah takbir, jamaah dianjurkan untuk memboca doa ini oleh Bukhari dan Muslim:

Laa ilaaha illallaahu wahdahuu laa syariika lahuu, lahul mulku, wa lahul hamdu, wa huwa ‘alaa kulli syai’in qadiirun. Aayibuuna, taa’ibuuna, ‘aabiduuna, saajiduuna li rabbinaa, haamiduun. Shadaqallaahu wa’dah, wa nashara’abadah, wa hazamal azhaaba wahdahuu.

Artinya, “Tiada tuhan selain Allah yang esa. Tiada sekutu bagi-Nya. Segala puji bagi-Nya. Dia kuasa atas segala sesuatu. (Kami) kembali, bertaubat, menyembah, bersujud kepada Tuhan kami, dan memuji. Maha benar Allah akan janji-Nya, menolong hamba-Nya, dan menghancurkan pasukan musuh sendiri.”

Setelah membaca doa diatas, Imam Muslim meriwayatkan juga bahwa Rasulullah selama perjalanan sampai menuju kota tempat tinggal terus menerus mengucapkan doa ini:

 Aayibuuna, taa’biuuna, ‘aabiduuna, saajiduuna li rabbinaa, haamiduun.

Artinya, “(Kami) kembali, bertaubat, menyembah, dan berusjud kepada Tuhan kami, dan memuji.”

  1. Doa Ketika Mendekati Kota Tempat Tinggal

Setelah membaca tiga rangkaian doa diatas, jamaah selanjutnya dianjurkan untuk membaca doa ini ketika mulai  memasuki kota kediaman.

Allaahumma innii as’aluka min khairihaa, wa khairi ahlihaa, wa khairi maa fiihaa. Wa a’uudzu bika min syarrihaa, wa syarri ahlihaa, wa syari maa fiihaa.

Artinya, “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu kebaikan kota ini, kebaikan penduduknya, dan kebaikan apa yang ada di dalamnya. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan kota ini, kejahatan penduduknya, dan kejahatan apa yang ada di dalamnya.”

  1. Doa Masuk Rumah

Dalam islam, saat akan masuk rumah kita memang dianjurkan untuk membaca doa. Tetapi, untuk jamaah haji terdapat doa khusus yang harus dipanjatkan.

Tauban, tauban, li rabbinaa awban, laa yughaadiru huuban.

Artinya, “Kami sungguh memohon petaubatan. Kepada Tuhan kami, kami kembali, taubat yang tidak menyisakan dosa.

  1. Shalat di Masjid Terlebih Dulu

Setelah melakukan perjalanan jauh, tentu jamaah akan merasakan lelah dan ingin segera istirahat dirumah. Hal ini sangat lumrah, namun Rasulullah SAW mencontohkan jika telah memasuki waktu shalat, jamaah haji di anjurkan untuk melaksanakan shalat di masjid atau mushola terdekat.

  1. Memasuki Kampung Pagi Hari

Adab ini dianjurkan untuk para jamaah yang tiba di kota kediaman pada malam hari. Jamaah dianjurkan untuk langsung masuk ke rumah dan tidak mampir-mapir ke tempat lain. Jika ingin mengunjungi kerabat atau keluarga, sebaiknya dilakukan ketika matahari telah terbit. Kecuali untuk shalat, Anda diharuskan untuk ke Masjid atau Mushola terdekat.

  1. Menjaga Akhlak

Selepas melaksanakan ibadah haji dan umroh, seyogyanya jamaah harus memiliki kualitas hidup yang lebihbaik dari sebelumnya. Seperti cara bertutur kata, berperilaku, dan ketaatan kepada Allah SWT. Kualitas akhlak ini merupakan adab yang perlu diperhatikan dan dilaksanakan. Adab menjaga akhlak ini wajib Anda implementasikan dalam kehidupan sehari-hari supaya ibadah haji dan umroh Anda tidak sia-sia. Untuk lengkapnya, Anda dapat membaca artikel kami yang lain dealam link ini http://umroh.winatour.com/travel-umroh-sunnah-jakarta-menjaga-kemabruran-ibadah-haji-umroh/.

Demikian doa-doa beserta adab yang perlu Anda ketahui sebelum berangkat ke tanah suci sebelum berhaji dengan travel haji plus terbaik di Jakarta. Semoga informasi ini membantu Anda dan menjaga kemabrurn ibadah Anda sepulang dari tanah suci. Untuk Anda yang masih memiliki pertanyaan mengenai travel haji plus terbaik di Jakarta, jangan sungkan untuk menghubungi kami di http://umroh.winatour.com.

About Author

client-photo-1
DS Tias

Comments

Leave a Reply