Tips Jitu Menjaga Stamina Saat Umroh Dari Panasnya Cuaca di Tanah Suci

Paket Umroh April 2019, Pentingnya Menjaga Stamina Saat Ibadah Umroh

WINATOUR- Setiap hari nya, terdapat ratusan bahkan ribuan orang menunaikan ibadah umroh di tanah suci di seluruh penjuru dunia. Ibadah umroh menjadi dambaan bagi seluruh umat muslim, selain mendekatkan diri kepada Allah, Anda dapat melakukannya kapanpun sesuai dengan ketersediaan waktu dan materi. Persiapkan diri Anda untuk paket umroh April 2019.

Paket Umroh April 2019Namun untuk mempersiapkan diri untuk beribadah ke tanah suci, para jamaah sering sekali melupakan satu hal yang amat penting. Yaitu, memperkirakan dan mengantisipasi cuaca yang perbedaannya cukup ekstrim dengan Indonesia.

Cuaca panas dan berdebu kerap menjadi kendala bagi para jamaah umroh khususnya lansia. Berdasarkan Kementrian Kesehatan beberapa tahun terakhir ini, gangguan pernapasan dan dehidrasi adalah penyakit yang paling banyak dialami jamaah umroh Indonesia.

Tidak sedikit jamaah yang jatuh sakit karena stamina yang menurun, bahkan hingga mencapai angka 50%. Anda tentu tidak menginginkan hal ini terjadi bukan? Jika iya,sebaiknya  Anda memperhatikan perihal cuaca ini, jangan sampai menjadi hambatan yang membantu kekhususan ibadah Anda.

Paket umroh April 2019 adalah salah satu paket yang paling diminati untuk tahun depan. Jadi untuk Anda yang erencana berangkat di bulan tersebut, perhatikan salah satu hal yang sangat krusial ini. Terdapat berberapa tips mudah tapi jitu untuk mengantisipasi masalah ini:

  1. Pola Makan dan Minum

Tips yang pertama ini harus Anda biasakan sejak sebelum berangkat ke tanah suci. Biasakan memakan asupan makanan yang sehat dengan mengurangi minyak dengan pola makan yan teratur. Kemudian perbanyak meminum air putih dan mengurangi bahkan menghilangkan kebiasaan meminum minuman lain. Dengan membiasakan pola makan dan minu yang sehat, Insha Allah stamina Anda bisa terus terkontrol dan terjaga. Pola ini berlaku tidak hanya bagi Anda yang memilik penyakit saja.

  1. Cek Kesehatan Rutin

Tips kedua ini sangat mudah kan. Anda hanya perlu menghilangkan rasa malas dan jujur terhadap diri sendiri. Sebelum keberangkatan, akan ada pemeriksaan oleh dinas kesehatan, Anda harus jujur semua keluhan dan riwayat penyakit secara detail. Kemudian saat berada di tanah suci, Anda harus memperhatikan keluhan apapun kepada tenaga medis setiap harinya

  1. Berolahraga

Tidak perlu yang berat-berat, cukup berolahraga ringan setiap hari. Misalnya melakukan squat dan push up setiap pagi, atau berlari keliling komplek. Luangkan waktu minimal 15 menit setiap hari sejak beberapa bulan sebelam Anda berangkat umroh.

  1. Menjaga Kesehatan Kaki

Saat berada di tanah suci, Anda harus lebih memperhatikan kaki dengan ekstra. Karena disana, Anda akan lebih banyak menghabiskan banyak moment dengan berjalan kaki. Sebelum tidur, rendamlah kaki Anda dalam air es atau air dingin selama 15-30 menit. Hal ini dimaksudkan agar kaki Anda terasa lebih ringan, rilex dan tidak terasa sakit untuk berjalan kembali esok harinya.

  1. Menjaga Kebersihan Tangan

Dimanapun Anda berada, harus memperhatikan kebersihan tangan. Jangan lupa selalu membawa sabun dan mencuci tangan. Anda tidak akan pernah tau dari mana penyakit akan datang, jadi Anda harus mengupayakan kesehatan dari hal yan paling sederhana.

  1. Istirahat 8 Jam Sehari

Saat berada di tempat yang baru, pasti ada hasrat untuk mengeksplor tempat tersebut. Tentu saja hal tersebut tidak salah. Yang salah adalah jika Anda tidak memperhatikan waktu. Ya, aturlah waktu sebaik-baiknya, dengan membuat daftar kunjungan dengan waktu yang seefektif mungkin. Sehingga Anda dapat beristirahat dengan maksimal di malam hari.

  1. Membuat Sirkulasi Udara Dengan Baik

Tips ini sebaiknya Anda terapkan saat berada di atanah suci saja. Bukalah jendela kamar pen

  1. Hentikan Kebiasaan Merokok

Sebagian masyarakat Indonesia adalah perokok. Kebiasaan ini dapat memicu timbulnya gangguan saluran pernapasan jika berada di tanah suci dengan cuaca yang sangat panas dengan debu yang lebih tebal. Oleh karena itu, penting untuk mengurangi banyak jumlah rokok yang Anda hisap sehari demi sehari saat akan menunaikan ibadah umroh sampai pulang kembali ke tanah air.

Dengan menerapkan kedelapan tips diatas, Anda tidak perlu lagi mengkhawatirkan cuaca terik tanah suci, karena tubuh Anda sudah siap. Termasuk untuk mengikuti paket umroh April 2019 yang diprediksi jamaah umroh akan membludak.

About Author

client-photo-1
DS Tias

Comments

Leave a Reply