4 Tempat Peninggalan Kuno di Arab Saudi, Wisata Sambil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam

Inilah 4 Tempat Peninggalan Kuno di Arab Saudi

WINATOUR- Mempelajari sejarah islam tentunya hal yang sudah dilakukan umat islam sejak kecil, misalnya sejarah mengenai kisah-kisah nabi. Oleh karena itu, ketika umat muslim menginjakan kaki di tanah suci, mereka sangat antusias untuk mengunjungi tempat-tempat yang ada dalam kisah nabi. Misalnya, Padang Arafah, gua hira, gunung uhud, masjidil haram, masjidil aqsa dan berbagai tempat  bersejarah terkenal lainnya.

Paket Umroh Ramadhan 2019

Tempat-tempat yang disebutkan diatas adalah tempat yang paling terkenal dan paling sering dikunjungi oleh jamaah haji dan umroh dari Indonesia. Untuk paket umroh ramadhan 2019 saja, calon jamaah sudah memesan untuk mengunjungi tempat-tempat diatas. Padahal, selain itu masih banyak tempat-tempat sejarah islam lainnya yang tidak kalah penting.Nah, untuk Anda yang tertarik untuk mengetahui sejarah islam khususnya budayanya, kami telah merangkumnya dalam tulisan ini.

  1. Dumat al-Jandal

Tempat ini tidak kalah bersejarah jika dibandingkan dengan tempat-tempat yang telah disebutkan diatas. Dumat Al Jandal merupakan puing-puing kota kuno di provinsi Al Jawf, yang berjarak sekitar 37 km dari Sakakah. Di Dumat al-Jandal terdapat masjid Umar Bin Khattab yang dibangun di distrik al-Dar’i. Arsitektur bangunan di distrik al-Dar’I inilah yang kemudian  menjadi model perencanaan yang unik dan salah satu dari pusat kebudayaan yang terpenting di jazirah Arab. Menurut sejarah, distrik al-Dar’I inilah yang merupakan tempat terpenting dari Dumat al-Jandal. Menarik ya!

  1. Najd

Najd atau nejd, merupakan dataran tinggi di bagian tengah Arab Saudi yang sangat kental kaitannya dengan sejarah  peradaban islam. Pada zaman dahulu, tempat ini merupakan tempat tinggal suku nomaden Badui, dan suku Kindites, Tayy dan lainnya. Oleh karena  itu, Anda bisa menjadikan tempat ini sebagai alternatif untuk dikunjungi jika Anda mengikuti paket umroh ramadhan 2019 dengan kami.

  1. Tayma

Berlokasi di sebelah barat laut Arab Saudi, Tayma dikenal sebagai sebuah oase yang berukuran besar dan memiliki sejarah panjang tentang pemukiman. Menurut catatan sejarah, tempat ini merupakan simbol kemakmuran pemukiman Yahudi pada abad ke-7 sebelum masehi. Kemakmuran tersebut meliputi sumber air, banyaknya sumur, dan bangunan megah. Tayma merupakan tempat yang sesuai untuk orang-orang yang tertarik akan wisata religi sekaligus menambah pengetahuan.

  1. Madain Saleh

Madain Saleh yang terletak di kota madya Al Ula Provinsi Madinah ini dikenal dengan nama lain yaitu al-Hijr atau Hegra. Tempat ini merupakan ota tua kebanggaan Arab Saudi karena tercatat sebagai salah satu situs warisan duni dari World Heritage Site. Di Madain Saleh ditemukan batu-bata yang diperkirakan oleh para arkeolog sebagai  peninggalan dari umat Nabi Saleh AS. Tidak hany batu-bata, di tempat ini juga ditemukan batu karang yang berasal dari hasil budaya kaum Tsamud, 131 monumen pemakaman yan terbuat dari batu, serta tembikar dan lain sebagainya di Jabal Athlab.

Itulah rekomendasi tempat wisata di Arab Saudi yang memuat nilai-nilai sejarah kebudayaan islam. Bagi yang berencana umroh, khususnya yang merencanakan mengikuti paket umroh ramadhan 2019, masukanlah keempat tempat diatas kedalam list tempat yang wajib dikunjungi.

About Author

client-photo-1
DS Tias

Comments

Leave a Reply