Lima Persiapan Umroh Bagi yang Baru Pertama Kali Menjalankan

Pilihlah agen travel yang masuk dalam daftar nama travel umroh resmi

WINATOUR – Perjalanan ibadah umroh dikenal sebagai haji kecil. Layaknya melaksanakan rukun islam yang ke-lima, banyak umat islam yang berusaha agar bisa melaksanakan umroh minimal satu kali dalam hidupnya. Bagi kamu yang baru akan menjalani umroh pertama kali tentu ada banyak persiapan. Selain menyiapkan mental, berikut ini beberapa persiapan yang semestinya dipersiapkan.

Daftar Nama Travel Umroh Resmi

Pertama, pertimbangkan waktu pemberangkatan. Bagi travel agen yang memiliki daftar nama travel umroh resmi biasanya telah menyiapkan banyak agenda pemberangkatan yang dapat kamu pilih. Meskipun umroh bisa dilakukan kapan saja, kamu pun harus mempertimbangkan waktu yang tepat agar dapat melakukan ibadah dengan nyaman. Jika kamu berencana berangkat umroh dalam waktu dekat ini, maka cuaca kota Makkah selama bulan Juni-Agustus sedang musim panas dengan temperatur mencapai 450 C. Namun, jika kamu berangkat pada November-Februari, kamu akan berada pada musim dingin yang akan mencapai temperatur 80C. Apabila kamu berangkat dengan Wina Tour, salah satu daftar nama travel umroh resmi, maka kamu akan diberitahukan sebelum pemberangkatan mengenai musim yang sedang berlangsung selama kamu melakukan ibadah di Tanah Suci.

Kedua, carilah agen travel yang masuk dalam daftar nama travel umroh resmi. Saat ini dari banyak jamaah umroh yang berangkat ke tanah suci, banyak yang berangkat menggunakan agen travel direkomendasikan oleh kerabat dekat. Jika kamu berencana demikian, kamu juga perlu mencari info atau rekam jejak travel tersebut. Jangan sampai kamu membayar mahal, namun fasilitas yang kamu dapatkan tidak sepadan.

Ketiga, persiapan fisik. Ibadah umroh memerlukan persiapan fisik karena beberapa rukun umroh, seperti tawaf dan sai, dilakukan berulang dengan berjalan dari satu tempat ke tempat lain. Karena itu, sebelum hari pemberangkatan umroh kamu bisa melatih diri dengan melakukan olahraga ringan secara teratur supaya fisik kamu terbiasa. Sehingga, kesehatan fisik tidak akan terganggu selama kamu beribadah.

Keempat, bawalah perbekalan yang diperlukan. Adapun beberapa barang yang wajib di bawa diantaranya, pakaian ihram, sandal atau sepatu, kaus tangan, kerudung panjang atau lebar, kaus kaki, sunscreen atau sunblock, hand and body lotion, pakaian secukupnya, pakaian tidur, gamis atau pakaian panjang, mukena, sajadah, Al Quran, obat-obatan, multivitamin, pembalut untuk wanita, panty liner, kacamata hitam jika diperlukan, topi kecil, dan keperluaan pribadi. Bagi kamu yang membawa handphone jangan lupa untuk mendaftarkan paket internasional atau rooming data sesuai jaringan provider yang kamu gunakan. Hal ini agar kamu dapat berkomunikasi dengan kerabat di Indonesia atau rombongan jamaah satu travel.

Kelima, bawa uang secukupnya. Jika kamu umroh berniat ibadah, maka sebaiknya kamu membawa uang secukupnya. Jangan karena ibadah pertama kamu ke Tanah Suci, kamu akan sibuk mencari oleh-oleh untuk sanak saudara di tanah air daripada ibadah ke masjid. Untuk menghindari hal tersebut, disarankan untuk membawa uang secukupnya atau sebaiknya kamu membawa uang lebih untuk beramal di sana. Sebab, apapun kebaikan yang kamu lakukan di sana maka kamu akan mendapat pahala berlipat ganda.

About Author

client-photo-1
DS Tias

Comments

Leave a Reply