Jamaah Haji dan Umroh Harus Tahu! Tips Berhemat Saat Berbelanja Suvenir di Tanah Suci

Tips Berhemat Saat Berbelanja Suvenir di Tanah Suci Saat Umroh

WINATOUR- Beribadah haji bagi masyarakat Indonesia selain untuk menunaikan rukun Islam yang ke lima, juga berdimensi sosial dan budaya. Hal ini menjadikan ibadah haji sebagai salah satu ibadah yang paling istimewa. Biasanya, keberangkatan dan kepulangan jamaah selalu diliputi berbagai perayaan bersama keluarga sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT. Antusiasme dan rasa syukur keluarga di tanah air inilah  yang membuat para jamaah haji merasa harus untuk membawa buah tangan sebagai cinderamata untuk keluarga.Travel Umroh di Jakarta BaratMenjadi hal yang lumrah bagi pasar-pasar di kawasan Mekkah dan Madinah setiap tahunnya dipenuhi oleh jamaah haji yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia. Sebagaimana tempat-tempat ibadah dan ziarah, masyarakat Indonesia tampak sebagai jamaah yang paling meramaikan setiap toko-toko dan pusat perbelanjaan.

Nah, untuk Anda yang sudah mendaftarkan diri di Travel Umroh di Jakarta Barat berencana dan membeli cinderamata baik di Mekkah atau di Madinah, sebaiknya Anda mempersiapkan beberapa tips saat berbelanja. Yuk disimak!

  1. Membuat Daftar Belanja

Jangan pernah remehkan daftar belanja. Sejak dirumah, Anda harus menyusun apa saja barang yang ingin Anda beli dan untuk siapa cinderamata tersebut. Dengan mempersiapkan daftar yang terstruktur, akan sangat membantu Anda untuk mempersiapkan dan mengatur budget supaya tidak melebihi estimasi yang diinginkan. Selain itu, jika Anda mempunyai keluarga yang sudah berhaji atau berumroh sebelumnya, Anda bisa tanyakan hal ini ke mereka perihal harga untuk tiap item marchandise dan tempat perbelanjaan yang sekiranya lebih murah jika dibandingkan dengan tempat lain.

  1. Berbelanja Berkelompok

Jangan pernah berpencar dengar rombongan saat di tanah suci. Selain untuk keamanan dan keselamatan, dengan berkelompok juga dapat membantu Anda saat berbelanja.  Cara ini bukan tanpa alasan, menurut para jamaah yang sudah beribadah di tanah suci, biasanya para pedagang akan memberikan harga yang jauh lebih murah jika kita membeli dagangan mereka dalam jumlah banyak. Misalnya, untuk sorban, jika Anda membeli minimal satu lusin, maka akan mendapatkan harga dengan selisih 5 riyal sampai 10 riyal lebih untuk per item nya. Cara ini sangat efektif untuk menekan pengeluaran Anda saat berburu merchandise.

  1. Memperhatikan Waktu Berbelanja

Sebagai informasi, harga setiap barang di tempat yang sama dapat berubah-ubah setiap harinya. Bahkan di hari yang sama sekalipun, saat siang bisa jadi lebih mahal daripada malam hari. Jadi jangan kaget, jika Anda mendengar jamaah haji lain bercerita bahwa belanjaan mereka lebih murah. Untuk mengantisipasi hal tersebut Anda harus memperhatikan waktu alias jam yang tepat untuk berbelanja. Sebaiknya Anda pergi di siang hari daripada pagi atau sore hari,

memang pasar akan terasa lebih panas dan suhunya mencapai 40-42°C, tetapi para pedagang akan cenderung memberikan harga yang lebih miring jika toko mereka sedang jarang pengunjung.

  1. Jangan Lupakan Skill Menawar

Pasar di Mekkah ataupun di Madinah seringkali disebut seperti tanah abangnya tanah suci. Ya, disana Anda jangan takut untuk menawar dengan para pedagang. Keluarkan skill menawar terbaik Anda seperti saat berbelanja di pasar tradisional tanah air.

  1. Mempersiapkan percakapan Dalam Bahasa Arab

Bukan rahasia umum jika di tanah suci, banyak orang arab yang dapat berbahasa Indonesia. Mulai dari airport, supir dan kondektur bus, penjaga tempat-tempat ibadah dan ziarah sampai para pedagang di pasar. Hal ini karena Indonesia merupakan negara yang menyumbang jamaah haji terbanyak setiap tahunnya. Tetapi, hal ini jangan sampai membuat Anda terlena ya, Anda harus tetap mempersiapkan beberapa kosakata dan percakapan berbahasa arab. Dengan Anda menggunakan bahasa arab saat berbelanja, apalagi jika Anda melakukan proses tawar menawar, diharapkan para pedagang akan memberikan apresiasi dengan memberikan diskon. Cara ini sangat patut dicoba meskipun Anda menggunakan bahasa Arab dengan terbata-bata.

Kelima tips diatas, dapat Anda coba saat berbelanja di tanah suci. Padukan kelima tips diatas, diharapkan Anda akan lebih banyak mendapatkan diskon yang lebih banyak dan dapat menghemat pengeluaran. Anda jika bisa melihat dan mendaftarkan umroh Anda di Travel Umroh di Jakarta Barat untuk perjalanan umroh yang lebih menyenangkan. Selamat mencoba!

About Author

client-photo-1
DS Tias

Comments

Leave a Reply