Jamaah Dua Kali Umroh Akan Dikenakan Visa Progresif

2 Kali Umroh Akan Dikenakan Visa Progresif

WINATOUR – Ibadah umroh tidak lagi semurah dan semudah dulu. Belum lama ini Pemerintah Arab Saudi memberlakukan kebijakan baru kepada jamaah umroh bahwa akan dikenakan visa progresif dengan aturan tertentu. Semua travel umroh yang bagus di Jakarta pun mencoba menjelaskan kepada calon jamaah terkait visa progresif tersebut.

Visa progresif merupakan biaya tambahan visa yang diberlakukan untuk jamaah umroh dengan memperhitungkan masa keberangkatan mulai 1438 H. Artinya, jamaah yang pernah berangkat (selama) pada tahun 1438 H, maka jamaah akan dikenakan biaya visa progresif pada keberangkatan selanjutnya. Biaya yang dikeluarkan oleh calon jamaah tahun ini yang sudah pernah melakukan ibadah umroh pada periode sebelumnya maka akan dikenakan sebesar SR 2000 kurang lebih jika di rupiahkan sebesar Rp7.000.000. Visa progresif ini berlaku untuk keberangkatan tahun 1439 H dan seterusnya.

Adapun visa progresif ini sudah berlaku sejak 11 November 2017 tepatnya jika dalam hitungan hijriyah, yaitu 21 Muharram 1438 H. Bagi calon jamaah yang sudah melakukan ibadah umroh lebih dari satu kali, namun ingin kembali ke Tanah Suci, maka kamu perlu memperhatikan tahun hijriyah dari tahun keberangkatan umrah terakhir. Sebab, jamaah yang terkena biaya visa progresif dihitung berdasarkan tahun hijriyah, bukan tahun masehi.

Untuk memastikan apakah kamu akan dikenakan biaya visa progresif, kamu dapat melakukan pengecekan visa melalui link berikut. https://eservices.haj.gov.sa/eservices3/pages/VisaPaymentInquiry/VisaInquiry.xhtml?dswid=-5706.

Bagi sebuah travel umroh yang bagus di Jakarta ketentuan visa progresif menjadi kendala dalam menentukan biaya operasional, dimana sebuah biro penyelenggara umroh tidak menaikkan harga tetapi laba tergerus atau menaikkan harga paket umroh. Hal ini tentu akan menjadi problematika baik untuk travel dan calon jamaah yang rutin melaksanakan ibadah umroh. Akibatnya, peminat jamaah umroh pun akan menurun.

Wina Tour sebagai salah satu penyedia jasa travel umroh yang bagus di Jakarta, biasanya akan menanyakan kepada setiap calon jamaahnya, yaitu perjalanan ke berapakah ibadah ke Tanah Suci kali ini? Jika kemungkinan perjalanan umrohnya akan dikenakan visa progresif, maka jamaah akan dibantu untuk mempersiapkan beberapa dokumen sebagai berikut:

  1. Paspor yang masih berlaku (minimal 6 bulan sebelum habis masa berlaku)
  2. Kartu Keluarga
  3. Buku nikah bagi pasangan suami istri yang pergi umroh bersama
  4. Akta kelahiran
  5. Surat keterangan dokter bahwa telah suntik meningitis
  6. Surat mahram untuk wanita yang berangkat umroh tidak didampingi suami atau keluarga
  7. Pas foto dengan latar belakang putih berukuran 4×6 sebanyak 6 lembar dengan wajah tampak sekitar 80%

Adapaun dokumen yang perlu dipersiapkan oleh pihak travel umroh yang bagus di Jakarta berupa:

  1. Bukti transportasi dan akomodasi
  2. Tiket pesawat pulang – pergi
  3. Asuransi perjalanan
  4. Data pihak yang bertanggung jawab
  5. Jadwal perjalanan umroh

About Author

client-photo-1
DS Tias

Comments

Leave a Reply