Hindari Larangan Saat Umroh Ini! Untuk Ibadah Anda yang Lebih Mabrur

Hindari Aktivitas ini Saat Umroh

WINATOUR- Ibaadah umroh merpakan salah satu ibadah yang memiliki banyak keistimewaan, ibadah ini juga dapat dilakukan pada waktu kapan saja, Namun, Jika Anda sudah memantapkan diri dan mendaftarkan diri dan memilih travel umroh yang bagus di Jakarta Barat, Anda perlu mengetahui beberapa perkara.

travel umroh yang bagus di Jakarta

Perkara yang dimaksud bukan hanya mengenai keistimewaan umroh, tetapi tentang hal-hal yang dilarang saat menjalankan ibadah umroh. Karena di tanah suci banyak diterapkan aturan-aturan yang wajib kita patuhi, dan jika tidak kita akan dikenakan denda dengan bersedekah atau melakukan fidyah. Oleh karena itu, untuk menyempurnakan ibadah umroh, Anda perlu untuk mengetahui beberapa larangan yang masih berlaku hingga saat ini yang akan penulis ulas dalam artikel ini.

Larangan Khusus Laki-laki

  • Pakaian Berjahit

Saat beribadah suci, laki-laki diwajibkan untuk menggunakan dua helai kain tanpa ada jahitannya. Bahkan para laki-laki tidak diperbolehkan menggunakan kain selain kedua helai kain tersebut (pakaian dalam). Termasuk untuk ikat pinggang, jamaah laki-laki harus menggunakan ikat pinggang khusus yang dijual di toko perlengkapan umroh.

  • Alas Kaki yang Menutup Mata Kaki

Jamaah Laki-laki juga tidak diperkenankan menggunakan alas kaki ataupun kaos kaki yang menutupi mata kaki dan jari kaki. Untuk kain yang dikenakan ditubuh pun tidak diperbolehkan menutup mata kaki.

  • Menutup Kepala

Meskipun suhu di tanah suci sangat panas, jamaah laki-laki tidak boleh mengenakan berbagai penutup kepala. Sekalipun penutup kepala yang biasa dikenakan untuk ibadah seperti peci. Jika pun memang mengalami kepanasan dan silau akibat sinar matahari, jamaah dapat menggunakan payung atau barang lainnya. Dengan syarat jangan melekat dan terlalu dekat dengan kepala. Anda harus berhati-hati untuk satu hal ini, karena menutup kepala dengan tangan dengan tidak sengaja juga tidak di perbolehkan, misalnya telapak tangan menyentuh kepala saat menggaruk kepala yang gatal.

Larangan Khusus Perempuan

  • Mengenkan Cadar/ Niqab

Untuk jamaah perempuan yang biasa mengenakan cadar atau niqab, Anda diwajibkan untuk melepas penutup wajah. Baik itu hanya masker atau kerudung yang menutupi wajah. Anda diperbolehkan memakai niqab kembali jika telah menyelesaikan rukun umroh, yaitu setelah tahapan tahallul.

  • Menggunakan Sarung Tangan

Gunakanlah sarung tangan khas umroh yang dijual di toko khusus keperluan haji dan umroh. Karena saat beribadah di tanah suci, jamaah prempuan tidak boleh menutup bagian telapak tangan.

Larangan Laki-laki dan Perempuan

  • Menggunting Kuku

Anda bisa melakukan antisipasi untuk hal ini, dengan melakukannya sesaat sebelum Anda berniat untuk ihrom.

  • Memakai Wewangian

Saat sudah niat ihrom, jamaah tidak boleh memakai parfum baik itu di tubuh atau di pakaian. Hindari juga penggunaan minyak angin, minyak rambut dan balsam saat sudah berihrom. Jika ingin memakainya, gunakanklah saat mandi sunnah sebelum niat umroh dan hindari produk yang mengandung alcohol.

  • Mencabut atau Memotong Rambut

Sebagai jamaah, Anda harus berhati-hati untuk larangan ini. Karena bisa saja Anda tidak secara sengaja mencabut rambut saat menggaruk kulit kepala dan mengikat rambut. Ataupun saat sekedar mengusap kepala dan bagian tubuh lainnya. Jika menyebabkan hal ini, Anda harus membayar denda dengan bersedekah.

  • Merusak Tanaman

Larangan ini berlaku dalam bentuk apapun. Anda bahkan tidak diperbolehkan memetik bunga atau dedaunan yang ada saat melakukan perjalanan ke Baitullah.

Wajib bagi Anda untuk mempunyai bekal diri berupa pengetahuan seperti yang telah di ulas diatas jika Anda sudah memantapkan diri untuk melaksanakan umroh. Karena tidak semua agen travel akan senantiasa akan mengingatkan Anda tentang hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Kecuali jika Anda memilih dan mendaftarkan diri di salah satu agen travel umroh terbaik di Jakarta Barat.

About Author

client-photo-1
DS Tias

Comments

Leave a Reply