Tidak Hanya Terdaftar di Kemenag, Begini Cara Mengenali Penipuan Bisnis Umroh dan Haji

Begini Cara Mengenali Penipuan Bisnis Umroh dan Haji

WINATOUR- Tuntutan permintaan pasar yang besar harus diimbangi dengan penawaran peluang yang besar pula. Tidak heran jika peningkatan jumlah peminat umroh dan haji berdampak terhadap perkembangan bisnis agen travel. Namun tidak sedikit dari bisnis ini justru melakukan penipuan kepada calon jamaah. Mengenali  agen umroh dan haji yang terpercaya akan menjadi tantangan tersendiri. Agen umroh yang terdaftar di Kementrian Agama, masuk dalam daftar nama travel umroh resmi dan memiliki website resmi pun tidak terhindar dari potensi penipuan.Daftar Nama Travel Umroh ResmiMenurut data tahun 2018, sudah tercatat 22.600 aduan terkait kasus penipuan biro perjalanan umroh, dan sebagian besar dari biro tersebut telah terdaftar dan mengantongi izin resmi dari Kementerian Agama. Oleh karena itu, untuk merencanakan perjalanan ibadah ke tanah suci, Anda tidak bisa sepenuhnya percaya kepada daftar nama travel umroh resmi. Berikut cara untuk mengenali agen travel nakal agar Anda tidak tertipu.

  1. Melakukan Skema Ponzi

Skema ponzi adalah skema investasi palsu. Skema ini menawarkan investasi murah dengan keuntungan berlipat ganda. Di Indonesia, skema ini kerap dikemas sebagai  MLM oleh agen perjalanan umroh dan haji. Biasanya, keberangkatan investior awal dibayar menggunakan dana investor baru sehingga yang menjadi korban adalah konsumen yang datang belakangan.

  1. Jamaah Umroh Disuruh Menunggu

Berbeda dengan haji, ibadah umroh dapat dilaksanakan kapanpun. Jadi, jika Anda dikabarkan sedari awal ada daftar tunggu untuk umroh sebaiknya jangan percaya. Karena seharusnya Anda bisa segera berangkat umroh jika pembayaran sudah lunas. Untuk itu, penting untuk mencari informasi apakah travel tersebut pernah membuat calon jamaah menunggu atau tidak.

  1. Paket Umroh 10 Juta-an

Ciri ini merupakan hal yang paling mudah dikenali. Memang ada paket umroh atau umroh dengan diskon, tetapi masih dalam harga yang wajar yaitu minimal 18 juta sampai 20 juta. Jika Anda menemukan travel yang menawarkan harga dibawah harga tersebut, sebaiknya jauhi karena mereka patut untuk diragukan. Jangan sampai karena ditawari harga miring kita langsung kepincut dengan promosinya.

  1. Pembayaran Uang Muka Haji yang Besar

Salah satu ciri travel umroh penipu berikutnya adalah permintaan uang muka atau uang DP yang cukup besar. Biasanya cara ini diiming-imingi dengan janji keberangkatan haji dipercepat. Jangan percaya, uang muka yang besar ini biasanya digunakan untuk bisnis lainnya. Apabila binis tersebut tidak berhasil, mereka akan menghilang tanpa kabar dan jejak.

  1. Akad Setelah Mendaftar

Akad atau kesepakatan adalah hal yan sangat penting. Apabila Anda telah melakukan pemesanan, sederhananya Anda harus mendapatkan informasi terkait pemesanan tersebut. Hak Anda untuk meminta akad dan mendapatkan kode boking pesawat, hotel dan tanggal keberangkatan.

Kelima tips diatas sangat mudah untuk diikuti, kuncinya adalah jangan malas mencari dan mengorek informasi. Jangan hanya terpaku melihat travel tersebut telah terdaftar dalam daftar nama travel umroh resmi apalagi dengan promosi paket umroh murah 10 juta-an. Rencanakan perjalanan ibadah terbaik Anda dengan http://umroh.winatour.com.

About Author

client-photo-1
DS Tias

Comments

Leave a Reply