Bikin Ketagihan! 9 Daftar Makanan Khas Arab Saudi Ini Wajib Dicoba

9 Daftar Makanan Khas Arab Saudi Wajib Coba

WINATOUR- Mengunjungi tempat baru tidak akan afdol rasanya jika tidak mencicipi makanan khas tempat tersebut. Hal yang sama berlaku jika kita sedang beribadah ke tanah suci baik haji maupun umroh. Memang, travel umroh khususnya yang tercantum dalam daftar nama travel umroh resmi selalu menyediakan makanan catering untuk jamaah. Akan tetapi, biasanya mereka memberikan makanan dengan menu yang sama kepada seluruh jamaah. Yaitu, makanan khas Indonesia dengan tujuan supaya dapat diterima oleh semua lidah dari beragam usia.

Daftar Nama Travel Umroh ResmiNah, untuk Anda yang gemar mencicipi makanan baru atau menginginkan makanan selain yang sudah ditentukan oleh travel. Bisa banget nih mencoba makanan-makanan yang sudah kami susun dalam tulisan ini.

  1. Tamis

Makanan pertama ini dapat dengan mudah Anda temukan, yaitu Tamis. Tamis sendiri berasal dari Afghanistan yang telah di adopsi oleh budaya Saudi. Tamis berbentuk seperti pizza namun dengan ukuran yang lebih besar dengan kisaran diameter 40 cm. Tamis dapat disajikan sesuai dengan selera pembeli. Anda dapat memesannya tawar-gurih (plain), manis dengan pilihan taburan wijen dan gula (tamis sukariy) atau dengan tambahan isi keju (jubnah). Masyarakat local biasanya menyantap tamis dengan cocolan krim keju, madu, atau creamer susu.

  1. Falafel

Falafel, jika di Indonesia mirip dengan kroket karena sangat krispi dengan isian yang penuh di dalamnya. Namun, falafel ini berbentuk bola dengan isian kacang chickpeas atau kacang arab yang telah di giling halus, dan dicampur dengan telur, garam serta merica. Untuk menikmati falafel, masyarakat local biasanya melapisi falafel dengan roti gandum. Atau memberikan toping tambahan seperti mayonnaise, asinan, dan acar sayuran.

  1. Halloumi Grilled

Sesuai namanya, makanan ini di masak dengan cara di panggang. Halloumi berbentuk lembaran kenyal yang terbuat dari susu kambing dengan tekstur keju. Pada proses pembuatannya, halloumi ini tidak ditambahkan asam atau bakteri apapun, berbeda dengan keju. Bagaimana, terdengar menarik bukan? Halloumi Grilled merupakan salah satu makanan unik yang telah diakui kelezatannnya lho. Tidak ada yang seperti ini di Indonesia!

  1. Luqaimat

Luqaimat ini bentuknya seperti cilok atau pentol yang sering kita jumpai di Indonesia. Namun, Luqaimat bertekstur sangat renyah di luar dan lembut di dalamnya. Para pecinta kuliner sering mengatakan bahwa Luqaimat merupakan salah satu makanan manis yang paling enak. Tidak salah jika dengan rasa manis dan kelezatanya, makanan ini menjadi favorit saat memasuki bulan Ramadhan. Nah, jika Anda telah berniat mengikuti paket umroh ramadhan 2019, jangan lupakan membeli ini ya!

  1. Hummus

Arab dikenal memiliki berbagai sajian dengan bahan dasar roti. Untuk pelengkap roti, biasanya masyarakat Arab menyajikan dengan cocolan seperti saus, Hummus adalah salah satunya. Hummus adalah saus yang terbuat dari tambahan kacang kedelai, wijen, lentini, bawang putih, garam, minyak zaitun dan perasan lemon. Selain roti, hummus sering disantap sebagai pelengkap kentang atau salad. Jika Anda ingin mencoba roti Arab, wajib ingat dan membeli hummus!

  1. Manakesh

Manakesh adalah pizzanya Arab jika dilihat dari segi bentuknya. Yang membedakan adalah bahan bakunya, yang terdiri dari tepung terigu, madu, gula serta campuran rempah dan minyak zaitun. Eits, tidak hanya bahan bakunya sih. Topping manakesh juga berbeda lho dari pizza Italia pada umumya. Yaitu keju putih dengan rasa asin atau keju jenis ackawi, serta sayuran segar.

  1. Meddamas Foul

Meddamas Foul, dari namanya saja sudah sangat menggairahkan. Ya, makanan ini cukup berbeda dari makanan khas Arab lainnya. Meddamas, adalah komposisi dari kacang fava, minyak zaitun, bawang merah, bawang putih dan lemon. Mungkin bahannya terdengar tidak menarik, tetapi makanan yang satu ini dijamin sangat lezat dan unik. Dengan tekstur yang sangat lembut dan akan lumer di  mulut saat Anda memakannya. Ditambah dengan taburan lelehan coklat dibagian atasnya. Hmm.. Tidak bisa menolak deh!

  1. Baleela

Baleela adalah menu wajib bagi para pecinta pedas. Terbuat dari buncis rebus dengan campuran garam dan bawang putih, makanan ini dijual di jalanan. Namun, Baleela tidak banyak ditemukan di berbagai jalan, tetapi karus mengunjungi Jeddah tepatnya di sekitar Qabel Street.

  1. Kushari

Kushari merupakan makanan khas Arab yang dibawa dari Mesir. Sejarah terbentuknya Kushari ini sangat unik, karena awalnya terbuat dari sisa-sisa makanan oleh para pekerja kelas bawah. Namun karena rasanya yang lezat, makanan ini mampu menembus semua golongan. Kushari terdiri diri nasi yang dicampur dengan macaroni dan lentil, potongan pasta, kacang arab, bawang gorteng, saus tomat dan cuka yang kemudian diolah dengan minyak sayur.

Berikut adalah daftar makanan yang wajib kamu coba saat berada di Arab Saudi. Memang, masih banyak makanan lainnya yang tidak kami masukan ke dalam artikal ini. Tapi, itu karena kami ingin membuat daftar rekomendasi terbaik yang tidak ada diplikasinya di Indonesia. Yuk, coba kulineran di tanah suci dengan travel yang ada dalam daftar nama travel umroh resmi dan terbaik di Indonesia.

About Author

client-photo-1
DS Tias

Comments

Leave a Reply