Begini Cara Packing yang Efektif Untuk Haji dan Tempat untuk Membeli Perlengkapannya

Begini Cara Packing yang Efektif Untuk Haji dan Tempat untuk Membeli Perlengkapannya

WINATOUR- Mempersiapkan perlengkapan haji merupakan salah satu hal yang penting untuk dilakukan. Hal ini terdengar remeh, tetapi jika Anda tidak teliti dan tidak mengaturnya dengan baik, hal tersebut bisa saja malah mendistruksi ibadah Anda. Oleh karena itu, perhatikanlah barang-barang yang diperlukan sebelum berangkat ibadah ke tanah suci. Terlebih untuk orang tua Anda, kemasilah barang mereka dengan memberi tahu untuk apa saja dan kapan saja digunakan.

travel haji plus terbaik di Jakarta

 

Beberapa travel haji plus terbaik di Jakarta, biasanya membekali calon jamaah bagaimana cara mengepak perlengkapan calon jamaah. Jika tidak, Anda dapat menyimaknya di tulisan ini yang akan membahas cara packing yang efektif untuk haji.

Jika Anda telah mengecek kembali semua perlengkapan yang diperlukan yang harus dilakukan kemudian adalah membaginya kedalam beberapa bagian. Anda harus membagi barang-barang tersebut ke dalam kelompok sesuai kebutuhan.

Pertama, pisahkan mana barang yang akan digunakan saat perjalanan terutama bila pesawat yang di tumpangi memerlukan transit hingga beberapa jam. Misalnya, untuk perlengkapan membersihkan diri seperti sabun wajah, sikat gigi, dll,  sebaiknya masukan ke traveling bag kecil atau ransel yan dapat dibawa masuk ke dalam pesawat. Begitu halnya dengan paspor dan dompet, Anda dapat letakan di dalam tas jinjing atau tas tangan yang tidak terlalu besar.

Kedua, barang-barang yang akan digunakan ketika Anda tiba di tanah suci. Tidak sedikit jamaah yang biasanya segera mengganti baju begitu tiba ke tanah suci. Jika Anda termasuk jamaah yang demikian, jangan lupa pisahkan beberapa baju yang diinginkan kedalam tas yang terpisah dari koper.

Ketiga, yang paling penting adalah koper. Sebagai tas yang paling besar, koper tentu akan membawa sebagian besar barang keperluan Anda. Namun untuk lebih efektif, sebaiknya Anda kelompokan kembali perlengkapan-perlengkapan tersebut. Misalnya keperluan untuk bermalam di penginapan dan perlengkapan untuk menunaikan ibadah serta perlengkapan pribadi. Anda bisa membungkusnya kedalam plastik atau kantong khusus secara berbeda. Selain untuk memudahkan mencari barang, membungkus dengan cara ini dapat menjaga kerapihan pakaian agar tidak kusut. Membungkus pakaian secara berkelompok seperti ini akan membuat koper Anda menjadi lebih luas lho.

Keempat, bila Anda membawa pisau kecil untuk mengupas buah, silet cukur, alat pemotong kuku, Anda harus memasukannya kedalam koper yang akan disimpan di bagasi karena Anda tidak diperkenankan membawanya masuk kedalam pesawat.

Kelima, lengkapi setiap tas dengan identitas diri. Seperti nama, nomor telepon, nama rombongan, hingga nama travel Anda. Selain itu Anda bisa menambahkan aksesoris gantungan yang cukup mencolok sebagai ciri. Karena bisa saja tas/ koper Anda akan sama dengan beberapa orang.

Setelah Anda mendaftarkan diri ke agen travel, sebaiknya pastikanlah terlebih dahulu kepada pihak agen, apa saja yang akan Anda peroleh sebagai bagian dari fasilitas. Jika Anda mendaftarkan diri di travel umroh terbaik di Jakarta, Anda biasanya akan mendapatkan baju seragam dan tas travel tambahan sebagai cara untuk memudahkan identifikasi jamaah haji.

About Author

client-photo-1
DS Tias

Comments

Leave a Reply